Rabu, 21 Desember 2011

anambas

Kepulauan Anambas adalah sebuah kepulauan kecil di Indonesia, terletak di Laut Cina Selatan antara Malaysia timur dan barat dan Kalimantan. Kumpulan pulau ini merupakan bagian dari Provinsi Kepulauan Riau, dan kadang dimasukkan dalam Kepulauan Natuna yang lebih besar, terletak beberapa ratus kilometer di sebelah timur.dan sekarang sudah membentuk kabupaten sendiri sejak 2009.





Anambas memiliki cadangan gas alam yang besar yang diekspor ke negara-negara seperti Singapura dan Malaysia. Pulau Matak adalah basis utama untuk eksplorasi minyak.

Pulau-pulau lain yaitu Siantan (Tarempa), Mubur, Jemaja dan Kiabu (Airabu).

Adanya peninggalan kapal tenggelam yang bernama “Seven Skies”. Secara umum letaknya yang dekat dengan Singapore memberikan aksesibilitas yang cukup mudah bagi “live aboard”. Anambas lebih banyak di akses melalui laut dengan menggunakan hotel terapung (“liveaboard”) dari Singapore.

Lokasi penyelamannya tersebar dalam jarak yang berjauhan, karenanya sangat efektif untuk dijelajahi dengan liveaboard. Lokasi ini menyajikan atraksi bawah laut yang tak terduga, sekali-sekali kesannya sepi dan tak menarik, namun tiba-tiba seekor whaleshark bisa saja melintas. Cocok bagi orang-orang yang suka menikmati laut dan bersantai di bawah sinar matahari dengan ditemani oleh birunya air laut

Fasilitas
Dalam upaya mendukung kepariwisataan di Kabupaten Kepulauan Anambas, tersedia berbagai fasilitas pendukung antara lain: Hotel/Penginapan, Restoran, dan usaha jasa pariwisata.

Hotel
Hotel yang ada di Kabupaten Kepulauan Anambas adalah: Hotel Terempak Beach (kapasitas kamar 40, di Kecamatan Siantan); Wisma Anambas Indah (20 kamar di kecamatan Siantan); Wisma Sakura (20 kamar, di Kecamatan Siantan); Wisma Tanjung Indah (40 kamar, di Kecamatan Siantan); Penginapan Pagi-Sore (20 kamar, di Kecamatan Siantan); Wisma Tropical Inn (25 Kamar, di Kecamatan Siantan); Penginapan Siantan Nur (10 kamar, di kecamatan Siantan); Penginapan Bing Kian (8 kamar, di Kecamatan Jemaja); Penginapan Nini (10 kamar, di Kecamatan Jemaja); Penginapan Edi Coang (10 kamar, di Kecamatan Palmatak); Penginapan Asih (6 kamar, di Kecamatan Palmatak).

Restoran
Restoran dan Rumah makan yang ada di Kabupaten ini adalah: Restoran Siantan Nur (daya tampung 60 orang di Kecamatan Siantan); Restoran Laluna (60 orang, Siantan); Restoran Sakura (40, Siantan); Rumah Makan (RM) Anambas Raya (40 orang, Siantan); RM Pak Uban (24 orang, Siantan); RM Nini (24 orang Siantan); RM Maryam (24 orang, Jemaja); RM Pagi- Sore (30 orang, Jemaja); RM Nikmat Kafe (60 orang, Jemaja); RM Pagi-Sore 2 (20 orang, Jemaja) dan RM Sahabat (60 orang, Palmatak).

Tempat hiburan
Ada pula tempat melepas lelah untuk santai sejenak, yaitu : Restoran Teluk Kumbik (daya tampung 40 orang, karaoke, Jemaja); Batu Asah (40 orang, Karaoke, Jemaja); Nikmat Café (60 orang, Karaoke, Jemaja); Payung Café (30 orang, Karaoke, Siantan); Tajung Momong Café (15 orang, Karaoke, Siantan).

Jasa kepariwisataan
Kunjungan wisata ke Kabupaten Kepulauan Anambas umumnya dilayani oleh Perusahaan Jasa Kepariwisataan: CV. Mahanta Karya, perusahaan yang beralamat di Jl. Riau 17 Tanjungpinang ini bergerak dibidang Jasa EventOrganizer dan pariwisata yang secara terus menurus berinovasi untukmemberikan pelayanan prima kepada para konsumennya melalui dedikasidan tanggung jawab serta komitmen yang kuat.

Perbankan
Ada 3 bank yang membuka operasionalnya, yaitu BRI, BNI’46 dan Bank Riau.

Transportasi
Untuk transportasi udara dilayani oleh Sky Avition (Selasa-Kemis-Sabtu: Matak-Tanjung Pinang-Jakarta pp.); Deraya Airlines (6x seminggu: Batam-Tanjung Pinang- Matak pp.); dan Fokker 50 (6x seminggu: Matak-Batam-Jakarta pp.). Sedangkan transportasi laut dilayani oleh KM. Bukit Raya (2x sebulan); KM. Gunung Bintan (2x sebulan) dan KM. Trigas (2x sebulan), serta MV. VOC BATAVIA(Rabu: Tanjung Pinang-Tarempa; Jum’at: Tarempa- Tanjung Pinang).

Wisata Bahari
Selat Rangsang
Memiliki pemandangan alam yang menawan berupa beberapa pulau berbukit yang rimbun. Perairan tenang yang berada di Kecamatan Siantan Timur ini sangat cocok untuk tempat bersantai sambil melakukan berbagai aktivitas bahari seperti snorkeling, renang dan bersampan atau sekedar berjemur dipantainya yang berpasir putih dan halus.

Menilik Pulau Durai
Pulau mungil yang terletak di Kecamatan Palmatak ini adalah tempat konservasi penyu di Kepulauan Anambas. Menjelang sore puluhan penyu betina mendarat ke bibir pantai, lalu menggali pasir pantai untuk bertelur. Pulau Durai dengan Pantainya yang indah, berpasir putih dan dipenuhi penyu di sore hari adalah andalan wisata di Kepulauan Anambas.

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger